Tetap berusaha terhubung dengan REPUBLIK TEKNIK SIPIL
Tekan F5 untuk memuat ulang halaman.

DUNIANYA ORANG TEKNIK SIPIL -SHARING ILMU DAN PENGALAMAN

Belajar SAP 2000 untuk Teknik Sipil

Pada setiap program komputer rekayasa (SAP2000, ETABS, STAD-III, GT-STRUDL, ANSYS, ABAQUS, ADINA,dll) pastilah sangat berbeda dengan program komputer umum (Word, Photoshop, Excel, AutoCAD). Ini dikarenakan pengguna program komputer rekayasa dituntut untuk memahami latar belakang metode penyelesaian dan batasan-batasan yang dihasilkan program tersebut. Ini tentunya memerlukan pemikiran yang mendalam dan tidak bisa dipelajari secara otodidak kecuali ada yang membimbing. Pada umumnya, developer program tidak mau bertanggung jawab untuk setiap kesalahan yang timbul akibat pemakaian program yang tidak benar, itu dapat dilihat dari berbagai kutipan disclaimer yang dinyatakan pada setiap manualnya.Karena memang tanggung-jawab itu sepenuhnya tergantung yang mendesainnya.

Wilayah kerja bidang rekayasa struktur/structural engineering perlu dipahami agar komputer dapat dimanfaatkan secara optimal, yaitu meliputi:
  1. Tahap awal: Proses perancangan (analisis, desain, dan pembuatan gambar struktur)
  2. Tahap medium: Proses fabrikasi (mengimplementasikan gambar dan spesifikasi rencana)
  3. Tahap akhir: Proses erection/pengangkutan/perakitan atau pelaksanaan itu sendiri
  4. Tahap post: Perawatan/perbaikan (retrofit)/evaluasi struktur
Dari berbagai tahapan di atas, yang paling banyak melibatkan komputer untuk maksud sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya adalah dalam proses perancangan (dan evaluasi struktur), yang salah satunya adalah pemodelan sistem struktur.

Pada Analisa Struktur SAP2000, maka penyelesaian dilakukan dengan membagi model menjadi element-element kecil. Adapun elemen (delta-elemen) adalah identik dengan ‘unit pendekatan’ yang bisa disebuat sebagai representasi, yaitu suatu formulasi matematis dari suatu model struktur yang dianggap sebagai representasi yang paling mendekati sifat struktur real. Untuk itu, maka sifat struktur real tentu dapat berbeda-beda, umumnya dapat difokuskan pada sifat-sifat dominan yang ada, mulai dari kondisi tumpuan (tanah/pondasi), cara penyaluran beban (lentur atau aksial atau keduanya) maupun sifat fisik struktur itu sendiri, batang langsing atau bidang atau solid 3D SAP2000. Karena itu, prinsip dasar elemen ini perlu dipelajari. Pemahaman akan metode elemen hingga sangat diperlukan.

Download link:

No comments: