Tetap berusaha terhubung dengan REPUBLIK TEKNIK SIPIL
Tekan F5 untuk memuat ulang halaman.

DUNIANYA ORANG TEKNIK SIPIL -SHARING ILMU DAN PENGALAMAN

Tips Pemakaian Scaffolding di Proyek

Scaffolding /perancah atau lebih familiar dengan nama steger adalah alternatif yang tepat untuk menggantikan kayu sebagai bekisting. Menggunakan scaffolding memiliki beberapa keuntungan. Pertama, rangka yang lebih kuat karena terbuat dari besi. Kedua, lebih ramah lingkungan. Ketiga, pemasangan lebih cepat. Keempat, rumah tak tampak berantakan oleh sisa-sisa kayu.

Fungsi Scaffolding

  • Sebagai struktur sementara untuk menahan beton yang belum mampu memikul beratnya sendiri (Pada pelaksanaan pengecoran).
  • Sebagai struktur sementara untuk membantu pelaksanaan pemasangan bata,plesteran,pengecatan.

Sementara itu Scaffolding memiliki 2 fungsi yaitu sebagai Support dan sebagai Access :

1. Fungsi Scaffolding Sebagai Support :
Menyediakan tatakan elevasi yang mampu menahan suatu beban tertentu pada sebuah area tertentu.

2. Fungsi Scaffolding Sebagai Access :
Akses atau akomodasi bagi para pekerja bangunan.
3 pendekatan utama design scaffolding jenis ini :

  • Independent self-scaffolding scaffold
  • Self-supporting scaffold
  • Trust out atau cantilever scaffold

Jika anda ingin menggunakan scaffolding, Anda cukup mendatangi toko penyewaan scaffolding dan membawa ukuran area yang ingin dicor. Lalu toko akan menghitung jumlah scaffolding yang dibutuhkan beserta harga. Harga yang ditawarkan adalah sewa selama satu bulan. Harga ini belum termasuk uang jaminan dan ongkos kirim. Untuk area yang dekat, toko rata-rata mematok ongkos sekitar Rp. 80.000,- s/d Rp. 100.000,-  per sekali jalan.
CONTOH PERHITUNGAN 
Rangkaian scaffolding terdiri dari beberapa barang. Ada main frame, leader, cross brace, joint point, u-head, base plate dan lain sebagainya. Ketika anda memberi gambaran untuk keperluan apa scaffolding ini dan beberapa ukuran yang dibutuhkan, toko akan menentukan jenis barang yang digunakan. Beda kebutuhan, beda pula barang yang dibutuhkan.
Misalnya anda akan mengecor lantai dengan ukuran 3,5 m x 3 m dengan tinggi ruangan 2,8 m. scaffolding yang anda butuhkan sebagai bekisting adalah 4 set main frame (termasuk cross brace dan joint point), 8 leader, 8 cross brace untuk leader, 16 u-head, 16 base plate dan beberapa pipe support. Untuk keperluan itu Anda akan dikenai biaya sekitar Rp. 350.000,- s/d Rp. 380.000,- (belum termasuk ongkos kirim).
Jika scaffolding hanya digunakan untuk mengecat, umumnya hanya memerlukan 2-3 main frame ditambah dengan catwalk (tempat untuk berdiri). Harganya sekitar Rp. 50.000,-/set.






No comments: