Tetap berusaha terhubung dengan REPUBLIK TEKNIK SIPIL
Tekan F5 untuk memuat ulang halaman.

DUNIANYA ORANG TEKNIK SIPIL -SHARING ILMU DAN PENGALAMAN

Jenis Beton Precast

Beton Precast atau juga disebut beton pracetak merupakan bahan beton yang telah dibuat di pabrik dengan bentuk sesuai cetakan, kemudian beton yang dicetak tersebut akan diangkut dan dipasang ke tempat lokasi konstruksi bangunan. Beton Precast buatan pabrik  terbuat dari campuran bahan bangunan dengan berbagai ukuran sesuai standart yang ditentukan.  Kelebihan menggunakan beton precast yg dibuat di pabrik adalah peningkatan kualitas bahan dan mengurangi berat dari konstruksi tersebut. Sistem beton pracetak adalah metode konstruksi yang mampu menjawab kebutuhan di era ini. Selain praktis dan manfaat di atas, beton precast  juga akan berdampak pada lingkungan serta penghematan biaya kontruksi bangunan.


Contoh beton precast(Precast Concrete)

U-Ditch
U-Ditch adalah saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup. Umumnya digunakan sebagai saluran drainase ataupun irigrasi.Ketinggian saluran terbuka ini dapat bervariasi mengikuti kebutuhan di lapangan atau elevasi saluran yang diinginkan.
Tipe sambungannya menggunakan plat joint  (Plat embeded dan sambungan but joint atau male female) dimana pada bagian pertemuan sambungannya cukup diberikan mortar sebagai penutup nat. 


Box Culvert
Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socketnya.
Kegunaan spigot dan socketnya adalah untuk menjadikan box culvert ini kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah. Box Culvert ini umumnya digunakan untuk saluran drainase. Ukuran yang besar bisa digunakan sebagai  jembatan.




Canstein
Canstein adalah beton pracetak yang digunakan untuk sisi samping trotoar

No comments: