Tetap berusaha terhubung dengan REPUBLIK TEKNIK SIPIL
Tekan F5 untuk memuat ulang halaman.

DUNIANYA ORANG TEKNIK SIPIL -SHARING ILMU DAN PENGALAMAN

Video Animasi untuk Simulasi Proyek

Penerapan animasi 3D untuk presentasi / simulasi proyek sangat diperlukan untuk pemahaman terhadap suatu proyek. Animasi 3D saat ini banyak sekali digunakan dalam dunia komputer mulai dari untuk simulasi proyek konstruksi, membuat game sampai film animasi. Animasi 3D adalah sebuah seni yang menghasilkan beberapa gambar yang bergerak, dalam konteks digital. Model/object 3D yang telah ada di software dapat dimanupulasi agar menyerupai sebuah pergerakan benda yang bergerak secara sequensial. Sebuah object atau gambar digerakkan atau diubah dari satu gambar ke gambar lain dengan cepat sehingga mata manusia akan melihatnya seperti object tersebut sedang bergerak, pada animasi 3D pembuatan semuanya menggunakan bantuan komputer.

Pembuatan animasi 3D dibagi menjadi beberapa bagian utama yaitu fase pertama adalah fase modeling. Kemudian langkah selanjutnya adalah layout dan animasi itu sendiri. Ada banyak metode yang dipakai dalam fase layout dan animasi ini diantaranya motion capture, inverse kinematics dan key framing, dll. Dan langkah terakhir dalam membuat animasi 3D adalah rendering. Rendering mengubah dari model menjadi gambar.



Jika anda ingin mulai belajar cara membuat animasi 3D  ada baiknya anda mempelajari beberapa software atau aplikasi berikut ini:
  1. 3D studio max
  2. Blender
  3. After Effect Cinema 4D
  4. Maya
  5. Poser
  6. Daz 3d
  7. Bryce
  8. Carrara
  9. Animation Master
  10. LightWave
  11. Anim8or
  12. 3D Canvas
  13. dan software lainnya....

No comments: